Tuesday, June 27, 2017

Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8

Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8

BLOG CONTOHUntuk memasang Xposed Framework untuk Ponsel buatan Xiaomi maupun ponsel dengan ROM MIUI hasil porting berbeda dengan pemasangan Xposed untuk device dan ROM lain yang AOSP based, baik itu Xposed Lollipop maupun Kitkat kebawah. Hal ini karena ROM MIUI menggunakan framework UI tambahan. Sehingga diperlukan modifikasi oleh developer lain (unofficial xposed) agar bisa digunakan di ROM MIUI Based.


Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8
Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8


Cara Install Xposed Framework untuk MIUI 7 dan MIUI 8
Langkah di bawah seharusnya bisa diaplikasikan baik untuk ROM MIUI Native (ponsel Xiaomi) maupun ROM MIUI Porting (ponsel non-Xiaomi).

Anda juga perlu tahu sedikit soal SDK dan Arsitektur yang dipakai. Pengetahuan ini lumayan berguna untuk ROM MIUI hasil porting. Singkatnya:
Android Lollipop mempunyai dua SDK:
  • Lollipop 5.0 = SDK 21
  •  Lollipop 5.1 = SDK 22. 

Sedangkan Marshmallow = SDK 23.

Arsitektur Android (mulai Lolipop) juga ada 2 yakni 32bit dan 64bit untuk device ARM (Qualcomm maupun Mediatek). Sedangkan untuk chipset Intel lebih sering disebut sebagai X86 untuk 32 bit dan X86_64 untuk 64 bit. Untuk yang menggunakan X86 (Intel) 64 bit sangat jarang, bisa dikatakan hampir tidak ada ponsel yang memakai. Hanya ditemui di device semacam Android TV. X86 tidak disediakan mengingat Xiaomi tidak mempunyai device dengan cipset Intel. 

Untuk instalasi Xposed Framework support MIUI 8 maupun MIUI 7 caranya sedikit lebih ribet karena anda harus mendownload framework dan aplikasinya secara terpisah.

-- Update 22 Maret 2017: Untuk cara yang lebih mudah dan praktis pakai MIUI Xposed Installer Tool
-- Update 20 November 2016: versi terbaru Xposed MIUI Edition versi 8.7 lebih komplit, dan mendukung device Xiaomi keluaran baru. Link Xposed Framework v87 ditambahkan.
-- Update 10 Juli 2016: versi terbaru Xposed MIUI Edition versi 8.6 yang sudah mendukung sebagian besar MIUI 8 baik yang masih menggunakan OS Kitkat, Lollipop, maupun MIUI 8 yang sudah menggunakan OS Marshmallow sebagai dasar. Link Xposed Framework v86 untuk MIUI juga ditambahkan.
-- Update 28 April 2016: menambahkan link versi terbaru Xposed MIUI Edition versi 8.3 by SolarWarez.
-- Update 28 Maret 2016: Xposed Framework versi 8.0 sudah bisa dipakai untuk MIUI 7, Yang bisa dipakai untuk MIUI 7.1 saat ini adalah Xposed Framework 8.0 hasil modifikasi SolarWarez (member forum pda.ru) Umumnya ROM MIUI 7 dan MIUI 7.1 saat ini sudah menggunakan arsitektur 64 bit dan Lollipop 5.1. Meskipun masih ada beberapa device yang masih menggunakan Kitkat maupun Lollipop 5.0 untuk MIUI 7 dan sebagian Marshmallow (akan saya bahas di artikel lain) untuk MIUI 7.1

Cara Install Xposed Framework MIUI, Step by step.


Syarat agar bisa memasang Xposed MIUI 7 dan MIUI 8 tentu saja harus sudah root dan memiliki custom recovery.

Jangan lupa melakukan nandroid backup dengan custom revovery ya. Anda sudah saya ingatkan.

Oke, anggap saja anda sudah memenuhi syarat diatas dan tahu SDK dan Arsitektur yang dipakai oleh ROM MIUI anda. 

Misalkan saja, anda sedang memakai MIUI 7 berbasis Lollipop 5.1.1 yang berarsitektur 32 bit. Maka anda tinggal men-download file yang sesuai SDK 22 ARM. Misalkan MIUI 8 Marshmallow 64 bit maka download yang SDK 23 ARM64.

Sekian Artikel cara mudah memasang xposed miui semoga sukses dan berjalan lancar untuk kawan kawan semuanya yang lagi bigung

Note: Install Xposed Framework Untuk, Install Xposed Framework Untuk semua merek xiomi, Install Xposed Framework Untuk xiomi, Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8, cara Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8, Cara Install Xposed Framework MIUI