Tuesday, August 22, 2017

3 SARAN DOMAIN YANG PALING BAGUS UNTUK TIPS MEMILIH DOMAIN

3 SARAN DOMAIN YANG PALING BAGUS UNTUK TIPS MEMILIH DOMAIN

kali ini saya akan membagikan sebuah tips untuk blog yang tepat, dan tips memilih domain blogger ini saya ambil dari blog mastah yang sudah terkenal dan dari forum forum blogger,, langsung aja kita simak tips untuk memilih nama domain

3 SARAN DOMAIN YANG PALING BAGUS UNTUK TIPS MEMILIH DOMAIN

1. Pilih ekstensi .COM, .NET atau ccTLD (Tips 1)

Ketika sobat mencari nama domain usahakan untuk mencari domain dengan ekstensi .COM. Alasannya karena ekstensi domain ini adalah yang paling populer di internet. Kebanyakan orang yang masih awam tentang internet menganggap semua alamat website di internet belakangnya pakai .COM. Jadi supaya nggak bikin bingung orang awam, pakailah ekstensi .COM.

Jika sobat tidak menemukan nama domain yang pas dengan ekstensi .COM, alternatifnya bisa dengan menggunakan ekstensi .NET (ekstensi domain paling populer kedua).

Tapi kalau .COM dan .NET nggak ada yang pas, alternatif ketiga adalah dengan menggunakan ccTLD. Kebanyakan orang akan merekomendasikan .ORG sebagai alternatif ketiga, tapi saya lebih merekomendasikan ccTLD karena .ORG kurang cocok untuk dipasang di blog.

Apa itu ccTLD?
ccTLD adalah singkatan dari Country Code Top-Level Domain, sebuah ekstensi domain yang dikhususkan untuk Negara tertentu.

Contohnya:

.ID = Indonesia

.DE = Jerman

.ES = Spanyol

.IN = India

.JP = Jepang

.DLL = Singkatan dari “Dan Lain-Lain”

Tips Ini Saya Ambil Dari Blog Mas Sugeng


2. Tips memilih nama domain yang bagus? (Tips 2)

Pemilihan nama domain yang bagus sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips yang umum untuk pemilihan nama domain:
  • Pilih domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Terkadang anda mesti memberitahu seseorang secara verbal nama domain anda, mungkin lewat telepon atau radio dan nama domain yang samar-samar mirip bisa membingungkan.
  • Daftar dan beli nama domain yang mewakili nama perusahaan, nama produk atau tema website anda.
  • Jagalah agar nama domain anda tidak panjang namun juga tidak terlalu pendek. Anda bisa juga menggunakan singkatan, namun sebaiknya berarti dan mudah diingat.
  • Pilih nama domain yang menggunakan extension .com terlebih dahulu karena paling populer. Bila sudah diambil oleh orang lain, anda bisa menggunakan domain extension lain seperti .net .biz .info dsb.
  • Gunakan tanda minus "-" untuk penyambung sebagai alternatif, misalnya websiteku.com sudah diambil orang, website-ku.com adalah alternatif yang baik.
Nah lau yang ini saya ambil dari Web/Blog IDE BAGUS


TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN SELANJUTNYA (Tips 3)

Berkesan
Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memang sih, ada fungsi “bookmark” di internet. Namun memilik nama yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali situs Anda. Sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang Anda jalankan. Sebisa mungkin hindari singatan dan kata-kata yang susah dibaca.

Tidak menggunakan simbol
Ya, sebaiknya jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Karena kecenderungan orang ketika akan mengetik nama domain suatu website, biasanya gandeng semua tanpa tanda hubung. Jika memang terpaksa, sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang.

Singkat
Dua puluh karakter adalah maksimal. Akan lebih baik jika hanya sepuluh. Karena nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain, dan akan makin susah untuk diingat. 

Ekstensi yang tepat
Nama domain yang susah dieja akan menyulitkan Anda dan pelanggan Anda. Gunakanlah istilah atau kata yang umum. Dan jika tidak memungkinkan, setidaknya gunakan brand atau nama perusahaan Anda. Kebayang kan bagaimana susahnya pengunjung Anda mengingat nama domain seperti 73sdfh.com ??? HHee.. 

Deskriptif
Sebuah nama domain yang baik memang sebaiknya bersifat deskriptif. Karena itu akan memudahkan pengunjung dan pelanggan Anda mengasosiasikan nama domain dengan usaha Anda.


Gabungkan nama merek atau nama perusahaan dengan jenis usaha yang dijalani
Semisal begini, Anda mempunya usaha di bidang produksi atau penjualan baju batik, dan Anda juga mempunyai nama usaha semisal CV. Kartika. Maka untuk memudahkan orang mengenal nama usaha Anda dan bisnis yang Anda jalani, ketika hendak memilih nama domain bisa menggabungkan dua elemen ini, menjadi kartikabatik.com. Rumusnya: brand + jenis usaha, atau dibalik.

Gunakan nama pribadi atau kata kunci tertarget
Ada baiknya jika Anda ingin membuat blog / website pribadi maka gunakanlah nama pribadi atau nama panggilan yang lebih singkat. Kita juga bisa menggunakan kata kunci yang tertarget untuk membuat website dengan niche tertentu, seperti dietsehat.com, kerjasantai.com, bisnisinternet.com, dsb.

Nah Tips Ini Saya Ambil Dari WEBHOSTMU

Sekian dari tips kali ini, saya mohon maaf jika tips memilih domain yang tepat kali ini kurang jelas atau kurang memuaskan, jika sobat punya saran sobat bisa comen di bawah ini :)

2 komentar

Singkat,semakin singkat semakin enak dipandang dan mudah diingat tentunya
Thanks nih atas info nya